Momen Special Muharram, Momen Berbagi Beasiswa (Muharram Part 1)

Alhamdulillah, biidznillah, telah terlaksana agenda spesial Muharram pada tanggal 2 Muharram 1443 H yang bertepatan pada hari selasa, 10 Agustus 2021 M. Setelah santri melaksanakan shalat maghrib, wirid, dzikir, dan doa awal tahun bersama Ustadz Ade Sudiana, LC, kemudian acara dibuka oleh Laits Al Faruq dan Sayyidan Ali Farras sebagai Master of Ceremony (MC). Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua OSSH oleh Ananda Fahmi Ali Abdurrahman yang memberikan semangat kepada seluruh santri untuk semangat menyambut tahun baru Muharram dengan penigkatan kualitas menuntut ilmu dan menyebarkan luaskan Islam rahmatan lil alamin untuk menggapai ridla Allah SWT.

Sambutan dari wakil mudir sekaligus pengumuman beasiswa oleh Ustadz Ade Sudiana, LC. Alhamdulillah saat ini kita sudah bisa menyelenggarakan perayaan tahun baru Islam di Ma’had Syaraful Haramain. Jika tahun lalu kami belum bisa menyelenggarakan karena pembelajaran sudah mulai, namun bangunan Ma’had masih belum sempurna. Mohon doanya semoga masjid dan gedung kedua bisa segera selesai dan bisa segera digunakan untuk Pendidikan di Ma’had ini. Beliau menambahkan, disetiap momen perayaan hari besar Islam, maka kita senantiasa mengingatkan kembali tentang visi dan misi Ma’had Syaraful Haramain yaitu mencetak para ulama yang kredibel untuk menyongsong masa depan Islam yang gemerlang. Karenanya, tema malam ini mengangkat “Hijrah Nabi, Momentum Membangun Peradaban dan Generasi Emas”. Siapakah yang dimaksud generasi emas ini? Yaitu anak-anak umat Islam yang saat ini seusia para santri Ma’had Syaraful Haramain. Khususnya kami ingin mencetak para pejuang yang bukan hanya memiliki mental yang luar biasa, tetapi juga memiliki keilmuan yang cukup.

Wakil Mudir KAH MSH, juga menyampaikan apa yang telah dijanjikan oleh Ma’had kepada Abah dan Ummah yaitu terkait beasiswa bagi para santri yang Mutafawwikin. Ma’had Wakaf Ma’had Syaraful Haramain ditahun pertama sudah memberikan 30 beasiswa wakaf dan ditahun kedua ini juga memberikan beasaiswa kepada santri mutawwafikin ash habul imitiyaz, para santri yang nilainya Mumtaz kepada 10 santri yaitu 5 santri baniin dan 5 santri banaat. Beasiswa ini tidak hanya diberikan untuk satu semester, tetapi seterusnya. Tetapi mungkin yang mendapatkan bisa bergilir, siapa kah yang bisa mendapatkan? Adalah awail 5 terbesar dari baniin dan 5 besar dari banaat, jika masih bisa mempertahankan hingga semester selanjutnya maka Ananda masih berhak mendapatkannya. Namun jika ada santri yang nilainya lebih besar, maka beasiswanya akan dialihkan kepada santri tersebut. Agar para santri terus bersemangat dan ada musabaqoh (persaingan) ditengah-tengah para santri. Standar nilainya adalah taroqumi (nilai rata-rata) dari semester pertama dan kedua. Karna yang kami inginkan adalah para santri berjuang penuh bukan hanya cukup satu semester saja tapi hingga semester 12. Semoga apa yang telah diberikan oleh Ma’had ini bisa menjadi motivasi para santri untuk lebih giat belajar dan tentu yang lebih besar lagi insyaAllah akan Allah berikan di hari akhir nanti.

Pertama-tama Ustadz Ade mengumumkan 5 santri baniin terbaik yang mendapat beasiswa. Selamat kepada Ananda Isyam Hafizh Imaduddin dari kelas Imam Malik, putra dari Bapak Hikmah Nugraha dan Ibu Nurul Hidayani, Muhammad Umar Al Faruqi dari kelas Imam Syafi’I, putra dari Bapak Muhammad Mubarraq dan Ibu Mutia Farida, Hudzaifah Al Maghribi dari kelas Imam Malik putra dari Bapak Malino dan Ibu Supini, Fahmi Ali Abdurrahman dari kelas Imam Syafi’I, putra dari Bapak Yuke Hary Laksono dan Ibu Dianawati, dan Laits Al Faruq dari kelas Imam Malik, putra dari Hidayat Arifianto dan Ibu Sukiyati Satuhu. Kedua beliau mengumumkan 5 santri banaat terbaik yang mendapat beasiswa. Selamat kepada Ananda Imtiyazah Labiqoh dari kelas Sayyidah ‘Aisyah, putri dari Bapak Amir Mutaqin dan Ibu Rika Rizkawati, Haniyah Lailatul Fikriyyah dari kelas Sayyidah Fatimah, putri dari Bapak Suroso dan Ibu Mela Dewi Suryani, Rifdah Salma Asy Syafiqoh dari kelas Sayyidah ‘Aisyah, putri dari Bapak Romadhon dan Ibu Suciati Handayani, Ayesya Maliihah Nurzahrah dari kelas Fatimah, putri dari Bapak Rohmat dan Ibu Siti Nur Ihda Badriah, dan Akmalya Fariha Fillah dari kelas Sayyidah Fatimah, putri dari Bapak Yudiawan dan Ibu Myrna Marliana Puspita. Beliau mengucapkan perhargaan setinggi-tingginya bagi para santri yang semester depan mendapat beasiswa Pendidikan ahlul altafawuq wal imtiyaz. Semoga Ananda bisa mempertahankan prestasinya bahkan menjadi lebih baik lagi.

Jika sekarang adalah momen hijrah, kami ingin hijrah bersama keluarga sebagaimana firman Allah dalam al-Qura’an surat Az-Zukhruf: 70 yang artinya “Masuklah kamu ke dalam surga, kamu dan pasanganmu akan digembirakan.” Alhamdulillah semua santri tahun ini naik kelas, semuanya najih (lulus). Maka ini pun menjadi tantangan bagi Abah dan Ummah yang semua menginginkan hijrah bersama, ingin menuntut ilmu bersama, selain mensupport para santri yang sedang belajar di Ma’had. Maka Ma’had Syaraful Haramain juga telah menyediakan berbagai macam program untuk Abah dan Ummah, baik program wajib seperti kajian wali santri dan taujih, maupun program yang dianjurkan diikuti seperti kajian MSH TV melalui youtube, talaqqi dengan para Masyaikh Al-Azhar, dan maqraah Ma’had Syaraful Haramain bersama Syaikh Ahmad yang kurang dari 2 bulan hampir menyelesaikan 2 juz. InsyaAllah dalam waktu satu setengah tahun bisa menuntaskan 30 juz.

Leave a Comment

4 × one =