Kurikulum dan Sistem Pendidikan

Kurikulum Ma’had Syaraful Haramain, Bogor, adalah perpaduan kurikulum Pondok Modern Darussalam Gontor, Pesantren Salaf, Pesantren Tahfidz, Kurikulum Ma’had Bu’uts al-Azhar, dan kurikulum Nasional. Sistem pengjaran yang dipakai berbentuk klasikal, dengan metode yang mendorong keaktifan siswa dalam belajar dan dengan terus mengikuti perkembangan di bidang teori kependidikan/metodologi pengajaran.

Bidang-bidang (ilmu-ilmu) Bahasa Arab dan Bahasa Inggris diajarkan langsung dengan bahasa aslinya, begitu pula tsaqafah Islam diajarkan dengan Bahasa Arab (tujuannya antara lain agar santri/siswa mampu memahami dan menerangkannya dengan bahasa aslinya). Adapun bidang studi lainnya diajarkan dalam bahasa ibu. Ditunjang dengan Bi’ah Lughawiyah, baik Inggris maupun Arab, di lingkungan Ma’had.

Untuk lebih menunjang penguasaan bahasa Arab dan bahasa Inggris, diselenggarakan juga kegiatan-kegiatan extrakurikuler yang mendukung, anatara lain: Muhadharah (latihan berpidato), Muhadatsah, penerbitan majalah dinding, pemberian kosa kata baru (dua kali dalam sehari), dan penindakan pelanggar disiplin bahasa. Termasuk Daurah, Talaqqi, dan lain-lain dengan para Masyayikh dari luar.